Posted by : Unknown Friday, April 19, 2013





”Visi bisa jadi adalah kekuatan terbesar kita. Ia selalu membangkitkan daya dan kesinambungan hidup; Ia membuat kita memandang masa depan dan memberi kerangka tentang apa yang belum kita ketahui.”
Tidak ada alasan untuk menjadi orang gagal. Ketekunan, kesabaran dan semangat juang yang tinggi dapat membuat kita meraih apa yang kita inginkan.

Sir Ka-Shing Li atau yang lebih terkenal dengan nama Li Ka-Shing adalah seorang entrepreneur yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Beliau lahir pada tanggal 13 Juni 1928 di Chaozhou, China. Li Ka-Shing merupakan satu-satunya orang di benua Asia yang masuk 10 besar orang terkaya di dunia. Beliau merupakan Chief Hutchison Whampoa Limited (HWL) dan Cheung Kong Holdings. Perusahaan itu adalah perusahaan operator terminal kontainer dan pengecer kecantikan yang terbesar di dunia.
Latar Belakang
Ayah Li Ka Shing adalah seorang guru miskin dari selatan kota pelabuhan Cina, Chaozhou. Li Ka Shing dilahirkan dalam sebuah keluarga miskin yang lari ke daratan Cina Hong Kong pada tahun 1940 setelah serangan bom Jepang menutup sekolah ayahnya. Saat itu, ia tinggal di rumah pamannya yang kehidupannya lebih baik. Sering kali ia dianggap remeh oleh pamannya. Ia dianggap orang biasa yang tidak akan pernah bisa maju. Hingga akhirnya Li bertekad kuat untuk bisa mandiri. Tekadnya semakin teruji ketika ayah Li meninggal dunia secara mendadak pada tahun 1943. Sebagai anak sulung yang baru berusia 15 tahun, Li harus memikul tanggung jawab besar dengan menjadi tulang punggung keluarga.
Bisnis dan Perusahaan
Berawal dari pengalamannya bekerja di perusahaan perdagangan plastik membuat Li menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri. Walaupun ia harus kehilangan ayah dan pendidikannya sewaktu masih remaja, namun Li tidak patah semangat. Bahkan pada tahun 1950 beliau berhasil memulai usahanya secara mandiri dengan mendirikan sebuah perusahaan dengan nama Cheung Kong Industries. Untuk mendirikan perusahaannya, ia meminjam modal dari keluarga dan teman-temannya. Li Ka-Shing memang mengerti bagaimana membuat plastik dengan kualitas bagus namun mempunyai harga yang murah dan terjangkau.
Pada tahun 1971, Li Ka-Shing mendirikan sebuah perusahaan baru yang bergerak di bidang real estate yang kemudian diberi nama Cheung Kong. Perusahaan ini berkembang pesat oleh Li. Pada tahun 1979 Li Ka-Shing mengakuisisi perusahaan Hutchinson Whampoa Limited dari HSBC dan akusisi tersebut menghasilkan Li menjadi seorang konglomerat yang sangat berpengaruh di bidang kontainer. Ia menginvestasi hartanya ke fasilitas pelabuhan kontainer di seluruh dunia dan membuat Li menguasai 13% dari seluruh pelabuhan kontainer yang ada di dunia.
Yang membuat Li Ka-Shing semakin kaya adalah adanya anak perusahaan dari Hutchison Whampoa yang bernama AS Watson Group. Perusahaan yang disingkat ASW ini adalah perusahaan operator ritel yang mempunyai toko lebih dari 7.800 dan merek ritelnya sudah sangat terkenal di beberapa Negara sepertiSuperdrug di Inggris, Marionnaud di Perancis, Kruidvat di Benelux, dan di Asia juga banyak yaitu gudang anggur, supermarket Park ‘n’ Shop, dan toko Benteng Alat Listrik.
Pada tahun 2001, Hutchison Whampoa berhasil menjual kepemilikannya di Orange Mannesmann Group. Karena kecerdikan dari perusahaan ini dalam berjualan asset, Hutchison Whampoa berhasil memperoleh keuntungan sebanyak 15.2 Milyar dollar. Hutchison Telecommunication juga menjual sahamnya kepada Vodafone sebanyak 67% dan berhasil memperoleh keuntungan hingga mencapai 11 Miliar dollar.
Keluarga
Li Ka shing memiliki 2 putra, Richard dan Victor. Kedua anak laki-lakinya memainkan peran penting dalam bisnis ayah mereka. Victor menjabat sebagai Direktur dan Wakil Ketua Cheung Kong dan Wakil Ketua Hutchison Whampoa. Sedangkan putra bungsunya, Richard adalah ketua perusahaan teknologi informasi PCCW, salah satu perusahaan terbesar TI dan telekomunikasi di Asia.
Harta dan Kekayaan
Berkat usaha dan pengalamannya dalam bidang bisnis, kini Li Ka-Shing menjadi bagian daftar orang terkaya di dunia. Bahkan satu-satunya orang terkaya di Benua Asia yang masuk 10 besar. Perusahaan yang dibangunnya berkembang pesat dan memperoleh keuntungan yang sangat banyak. Pada tahun 2012, majalah Forbes menobatkan Li Ka-Shing menjadi orang terkaya di dunia urutan ke 9. Harta kekayaannya pada tahun 2012 ini mencapai 25,5 Milliar dollar.
Filantropi
Li juga mendapat perhatian atas kedermawanannya. Ia mendirikan Li Ka Shing Foundation (1980) dan organisasi-organisasi amal yang lain, yang mendonasikan jutaan dollar untuk pendidikan, diantaranya Universitas Manajemen Singapura, Shantou University di Shantou Cina, Universitas Hong Kong dan rumah sakit di Asia Timur dan Amerika Utara. Ia juga menjanjikan dukungan bagi upaya penyelamatan setelah tsunami Samudra Hindia 2004 dan gempa bumi Sichuan 2008 lalu
Kesuksesan itu tak membuat Li besar kepala. Ia mengaku semua itu bisa didapat karena adanya sinergi dan kerja sama dari berbagai unsur."idealitas masyarakat hanya dapat diperoleh jika setiap anggotanya siap dan mau mengemban tugas masing-masing," katanya. dengan prinsip tersebut, cheung kong group kini memiliki operasi bisnis di 55 negara di dunia dan mempekerjakan sekitar 260 ribu staf.
Dengan kesuksesan tersebut, Li kini ingin berbagi. sebab, ia terinspirasi betapa sulitnya masa hidupnya ketika masih kecil. untuk itu ia mendirikan the Li ka shing Foundation, sebuah yayasan sosial yang bergerak dalam berbagai bidang, terutama pendidikan. di antaranya ia mendonasikan dana sebesar us$11,5 juta untuk pengembangan pendidikan tinggi di universitas manajemen singapura. ia juga mendirikan shantou university di shantou china yang hingga kini telah meluluskan ribuan orang yang bekerja di berbagai bidang serta membantu dana pendidikan untuk universitas hong kong.
Kiat-Kiat Sukses
1.      Sebagai pemimpin, seseorang harus lebih sering menghabiskan waktu merencanakan masa depan
2.      Jangan terlalu optimistis ketika pasar sedang bagus, jangan pula terlalu pesimistis ketika pasar sedang buruk
3.      Reputasi yang bagus bagi perusahaan dan diri anda adalah aset berharga yang tidak ternilai meski tidak tertulis dalam laporan keuangan
4.      Tidak peduli betapa kuat atau ahlinya anda di satu bidang, jika anda tidak punya hati dan niat yang kuat, anda tidak akan sukses
5.      Untuk menjadi manajer yang baik, sikap dan kemampuan adalah bahan dasar yang harus seimbang. Seorang pemimpin bisa memberi inspirasi kepada bawahannya, sementara seorang bos mendominasi bawahannya sehingga mereka merasa kecil.
6.      Rumus untuk bisa sukses itu sulit ditemukan, anda pun harus hati-hati karena tanda-tanda kegagalan justru tersebar di mana-mana. Membangun sebuah fondasi yang bisa meminimalisir kegagalan sudah terbukti bisa menjadi jalan pintas menuju kesuksesan.
7.      Seorang manajer yang sukses adalah yang bisa membaca bakat orang lain. Tak hanya mereka bisa memilih orang yang lebih pintar dari dirinya, tetapi juga bisa menghindari memilih karyawan yang terlalu bangga akan dirinya melebihi keahlian aslinya.
8.      Seni manajemen yang bagus terletak dalam kapasitasnya menerima tantangan, serta kemampuannya melebur pemikiran baru dan lama.
Perjuangan masa kecil Li Ka Shing sungguh pahit. namun, dengan keyakinan merubah nasib dan disertai semangat serta kerja keras, ia membuktikan bahwa dirinya mampu meraih kesuksesan. kecepatannya menangkap peluang menjadi bukti bahwa ia juga seorang yang visioner. kini, dengan pedoman sinergi dan kerja sama yang dijadikan prinsip kerjanya, ia membantu banyak orang melalui yayasannya untuk mencetak generasi muda terbaik di berbagai bidang. sungguh, inilah gambaran contoh sukses yang mampu menularkan kebaikan ke mana-mana.
Analisi sifat-sifat sukses
1.     Bertanggung Jawab
“Sebagai anak sulung yang baru berusia 15 tahun, Li harus memikul tanggung jawab besar dengan menjadi tulang punggung keluarga.”
2.     Rajin dan Semangat baja
Ia juga harus bekerja selama 16 jam dalam sehari”
3.     Semangat Tinggi dan Ulet
Namun berkat keuletannya, akhirnya ia bisa mendirikan perusahaannya sendiri di usianya yang ke-22 tahun.”
4.     Bijaksana pada bawahan
Untuk menjadi manajer yang baik, sikap dan kemampuan adalah bahan dasar yang harus seimbang. Seorang pemimpin bisa memberi inspirasi kepada bawahannya, sementara seorang bos mendominasi bawahannya sehingga mereka merasa kecil.
5.     Mencintai Keluarga
“Li mengaku tidak terbiasa menghabiskan waktu seharian tanpa memperkaya keluarganya yang kini menjalankan perusahaan properti, energi, telekomunikasi, dan bisnis ritel.”
6.     Dermawan
Li juga mendapat perhatian atas kedermawanannya. Ia mendirikan Li Ka Shing Foundation (1980) dan organisasi-organisasi amal yang lain, yang mendonasikan jutaan dollar untuk pendidikan dan Ia juga menjanjikan dukungan bagi upaya penyelamatan setelah tsunami Samudra Hindia 2004 dan gempa bumi Sichuan 2008 lalu”
7.     Berani mengambil peluang dan memanfatkannya dengan baik
Pada tahun 1979 Li menjadi pengusaha Cina pertama yang membeli salah satu perusahaan dagang lokal milik Inggris ketika ia mengakuisisi Hutchison Whampoa. Dibawah kepemimpinannya, Hutchison Whampoa berubah menjadi operator pelabuhan independen terbesar di dunia.”
8.     Rendah Hati
Pada tahun 1979 Li menjadi pengusaha Cina pertama yang membeli salah satu perusahaan dagang lokal milik Inggris ketika ia mengakuisisi Hutchison Whampoa. Dibawah kepemimpinannya, Hutchison Whampoa berubah menjadi operator pelabuhan independen terbesar di dunia.”
9.     Memiliki hati yang mulia
“Dengan kesuksesan tersebut, Li kini ingin berbagi. sebab, ia terinspirasi betapa sulitnya masa hidupnya ketika masih kecil. untuk itu ia mendirikan the Li ka shing Foundation, sebuah yayasan sosial yang bergerak dalam berbagai bidang, terutama pendidikan. 

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. My name mahendra of indonesia..saya really need assistance or loans from you in because I was getting desperate with this life with my family is always a shortage economy , since issued from my work where I am in debt of banks amounted to 100 million , I want your generosity in order to help the survival of our family , if tomorrow we can not pay the debt exhausted everything we had and just see the child cries and screams of my wife , I ask for help to your health may god give longevity to anda..ini I send the address and my bank details if you would help me thank you


    NAME;A.MAHENDRA SUPANDI
    date of birth :BANDUNG 05-07-1982
    addres :CISOKA INDAH REGENSI BLOK F 11 NO 11
    RT/RW 002/006villageSUKA TANI
    districts CISOKA
    city TANGERANG 
    province; BANTEN


     identity card number:3603050507820008
    TELP/HP :+6282158087791/+6281389328260
    bank name;MANDIRI
    E-MAIL : hendra.pandi@gmail.com
    account number;9000014084074
    On behalf of the;A.MAHENDRA SUPANDI
    branch office;CIKUPA TANGERANG
    city;indonesia

    ReplyDelete
  2. My name mahendra of indonesia..saya really need assistance or loans from you in because I was getting desperate with this life with my family is always a shortage economy , since issued from my work where I am in debt of banks amounted to 100 million , I want your generosity in order to help the survival of our family , if tomorrow we can not pay the debt exhausted everything we had and just see the child cries and screams of my wife , I ask for help to your health may god give longevity to anda..ini I send the address and my bank details if you would help me thank you


    NAME;A.MAHENDRA SUPANDI
    date of birth :BANDUNG 05-07-1982
    addres :CISOKA INDAH REGENSI BLOK F 11 NO 11
    RT/RW 002/006villageSUKA TANI
    districts CISOKA
    city TANGERANG 
    province; BANTEN


     identity card number:3603050507820008
    TELP/HP :+6282158087791/+6281389328260
    bank name;MANDIRI
    E-MAIL : hendra.pandi@gmail.com
    account number;9000014084074
    On behalf of the;A.MAHENDRA SUPANDI
    branch office;CIKUPA TANGERANG
    city;indonesia

    ReplyDelete

Welcome to My Blog

Total Pageviews

Popular Post

My Friend

Labels

Muhammad Ramadhan. Powered by Blogger.

- Copyright © Search The Real Of Soul -Search The Real Of Soul- Powered by Blogger - Designed by Muhammad Ramadhan -